Jumat, 14 Oktober 2011

Sasak Lama dan sasak Modern

Orang Sasak adalah nama sebutan untuk orang-orang yang lahir dari keturunan Lombok, artinya setiap orang yang lahir dari hasil perkawina Perempuan Lombok dan Pria Lombok asli (tulen).
Mengenai sejarah dan asal usul dari orang sasak sendiri bisa di baca disini. Pada posting pertama ini akan saya coba bahas tentang perbedaan antara karakter dan mind set orang sasak lama dan orang sasak modern. Tapi sebelum itu saya minta maaf karena tulisan ini agak ngawur, hal ini karena saya secara pribadi masih belajar., mohon di maklumi.
Sasak Lama dapat dikatakan sebagai simbol keagungan dari manusia sasak sendiri, orang sasak bisa mengatakan sebagai sasak melik (baca:sasak sakti).Hal ini terbukti dari beberapa cerita atau babad dari suku sasak sendiri. Dan hal ini tercermin dari pemberian nama pada pulau Lombok yang bermakna Lurus, jujur, dan tidak neko-neko. Papuk Balok (baca:nenek moyang) orang sasak adalah orang-orang yang melik (sakti) dan lurus.
Sejalan dengan perkembangan teknologi, dan pengaruh akulturasi budaya, warna dasar orang sasak semakin pudar sejalan dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi. Semoga sasak dapat terselamatkan amin.......

Comments :

0 komentar to “Sasak Lama dan sasak Modern”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Tkp News

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger